Senin, 15 Februari 2016

Cara memperbaiki Jam Tangan Yang Tidak Menyala Sehabis ganti Baterai

Jam tangan digital kalau layar mulai meredup, lalu suara alarmnya terdengar kecil & ketika ditekan tombol lampu, terus angka-angka yang di layar semakin meredup bahkan mati atau hilang.
Mungkin kalian berpikir/berniat segera mengganti baterai jam atau arloji tersebut. Sebab dalam “mode” penghematan atau mungkin karena kalian takut jam tangan di utak-atik di tempat service ataupun bisa juga dikarenakan memiliki batre jam tangan nganggur & kebetulan tipenya pun sama, kalian memutuskan buat mengganti baterai jam sendiri.
Dan dengan perlahan & sangat hati-hati kalian membuka case atau tutup belakang jam, lantas diputar baut ataupun kait penahan pegangan baterai. Sehabis itu kamu perhatikan tipe batere yang digunakan di arloji tersebut. Karena biasanya untuk jam digital kan bentuknya itu terkadang mirip hanyalah berbeda ketebalannya, misalnya type CR2016 akan lebih tipis ketimbang CR2025. Dan CR2025 akan lebih tipis lagi dari CR2032, dan seterusnya.
Setelah kamu yakin kalau tipe baterainya persis sama, maka segeralah diganti baterai yang lama pakai yang baru. Sehabis dikencangkan baut-bautnya, lho bukannya senang tetapi kamu malah menggaruk-garuk kepala dikarenakan jam digital tersebut justru mati total!
Kamu kemudian berpikir sejenak “Ah, mungkin batrai penggantinya yang sudah rusak”, maka segeralah diganti lagi ke batre yang lama, namun ternyata sehabis terpasang arloji digital milikmu tetap  saja mati. Nah Lhooo.
Nah, buat mengatasi jam tangan digital yang tidak mau menyala  “mati” sehabis penggantian baterai caranya ternyata sangatlah mudah, namun banyak orang yang belumlah mengetahuinya.
Berikut langkah buat mendeteksi kira-kira apa dan dimana kendalanya :

1. Pastikanlah tipe baterainya itu sama

Beberapa type baterai jam tangan memiliki tampilan fisik/bentuk yang mirip namun sebenarnya agak berbeda, maka karena itu pastikanlah menggunakan batere pengganti yang identik atau sama persis.

2. Pastikanlah pengunci baerai terpasang secara tepat baik & pas

Lihatlah pengunci batrenya. Pastikanlah seluruh kontak terhubung dengan  tepat, janganlah ada baut ataupun pengait yang masih longgar.

3. “Short Circuit” Kontak RESET Arloji

Nah, di tahap ini masihlah banyak yang belumlah mengetahui triknya. Di arloji digital umumnya terdapat 2 buah kontak posisinya bersebelahan & terdapat tulisannya “RESET” ataupun kadang tulisannya yaitu “AC” dan merupakan singkatan dari ALL Clear.
Yang harus Anda lakukan ialah menyambungkan/menghubungkan k-2 kontak tersebut dengan media logam besi/tembaga, misalnya memakai obeng minus. Sehingga kontak yang di sebelah kiri disambung ke kanan pakai perantara obeng besi tadi (ataupun bisa benda logam apapun pokoknya keduanya bisa tersambung).
Kalo istilah tukang servis jam, buat “memantik” arloji. Jika istilah teknisnya yakni “short circuit” ataupun kasarnya dibikin “korslet”. Nah,  jelasnya lihatlah gambar dibawah:

4. Bersihkanlah Konektor Baterai

Jam kalau tidak mau menyala dapat juga disebabkan konektor baterainya karat/kotor. Biasa nya terjadi dikarenakan baterai sudah habis namun, tak cepat-cepat diganti baru sehingga mengakibatkan cairan batere keluar & membuat kotor/karat konektor tersebut.
Buat mengatasinya, bersihkanlah dengan kain lembut dibagian konektor (yakni sambungan yang nempel ke batrai), kerok-keroklah sedikit bila ada kerak yang nempel.
Umumnya saya menggunakan sedikit cairan minyak kayu putih buat membersihkan, tapi janganlah basah dikarenakan bisa merusak bagian IC mesin.
5. Cek Kondisi Batrai
Jika masih tak mau menyala /hidup juga, kemungkinan baterainya memang kualitasnya jelek atau  kurang bagus. Batere walaupun kondisinya masih disegel tetaplah bisa rusak dikarenakan perubahan cuaca, terkena panas, dsb. Maka karena itu kamu kerap menemukan tulisan “Expired Date” ataupun tanggal kadaluarsa dibeberapa kemasan bungkus baterai.

Promo Jam Tangan

Xinfushop merupakan toko online terlengkap di Indonesia. Xinfushop menawarkan jam tangan original, branded, dan tentunya termurah. Beberapa Merek jam tangan dari berbagai brand tersedia di Xinfushop di antaranya Alba, Alexander Christie, Timex, Timberland, Casio, Fossil, Maxima, I-One, Nautica, Suunto, Invicta, Jacques Lemans, Vestal, Sector, AVI-8, Expedition, Paul Frank, Martian, Seiko, Jeep, Onix, Vestal, Swiss Army, Sony, Citizen, Mido, Royal Crown, Royal London, Police, dan Caterpillar. Dengen belanja jam tangan di XInfushop anda akan dapatkan diskon menarik dengan harga PROMO yang ditawarkan yang membuat anda akan puas belanja di Xinfushop. Xinfushop menawarkan sistem belanja online yang mudah dan aman, mulai dari pemilihan produk sampai dengan sistem pembayaran. Ada beberapa sistem pembayaran yang kami tawarkan untuk memudahkan anda berbelanja di antaranya bank transfer, dan yang paling menarik adalah sistem bayar di tempat atau Cash On Delivery (COD) dimana pembayaran dilakukan setelah barang sampai di tangan anda. Ongkos kirim gratis khusus wilayah Kota Medan dan Jabodetabek. Ayo segera lengkapi koleksi jam tangan original anda di xinfushop.co.id.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar